DASA WISMA

Dasawisma merupakan kelompok ibu-ibu yang berasal dari 10 KK rumah yang memiliki tetangga, yang tujuannya adalah untuk memudahkan jalannya sebuah program tertentu. Misalnya Pengumpulan dana, kuesioner, tertib administrasi, yang merupakan contoh tanggung jawab dari ketua, lalu kemudian hasilnya diteruskan pada ketua PKK. Kegiatan ini diarahkan pada peningkatan kesehatan di dalam keluarga. Bentuk kegiatannya meliputi risan (PKK), pembuatan jamban, sumur, kembangkan dana sehat (PMT, pengobatan ringan, membangun sarana sampah dan kotoran).

Kelompok Dasawisma adalah kelompok yang terdiri dari 10 – 20 kepala keluarga (KK) dalam satu desa. Setelah terbentuk kelompok, maka diangkatlah satu orang yang memiliki tanggung jawab sebagai ketua.

Dasawisma sebagai kelompok terkecil dari kelompok-kelompok PKK memiliki peran strategis mewujudkan keluarga sejahtera. Untuk itu, di harapkan agar Dasawisma menjadi ujung tombak pelaksanaan 10 program pokok PKK dan program pemerintah karena sebagai mitra.

Bersama ibu ketua pokja IV, ibu Asni Murni yang telah membantu dalam mengumpulkan data KK yang termasuk kedalam dasawisma Kampung Baru Padusunan. Berikut KK yang termasuk dasawisma desa Kampung Baru Padusunan.

  1. Dusun Bulaan

2. Dusun Labuh Raya

3. Dusun Pincuran

4. Dusun sungkai