Komoditi Unggulan

Komoditas adalah barang dagangan utama, benda niaga, hasil bumi dan kerajinan setempat dapat dimanfaatkan sebagai komodotas ekspor. Komuditas unggulan adalah Komuditi potensial yang dipandang dapat dipersaingkan dengan produk sejenis di daerah lain, karena disamping memiliki keunggulan komaratif juga memiliki efisiensi usaha yang tinggi.

Komoditas unggulan daerah sampai saat ini menjadi salah satu penetapan dari suatu kabupaten atau kota yang dapat dilihat sebagai upaya memberi kontribusi yang semakin besar dan luas terhadap pembangunan ekonomi daerah hingga menjadi penyebab laku di pasaran lokal maupun Nasional.

Komoditas unggulan daerah sampai saat ini menjadi salah satu penetapan dari suatu kabupaten atau kota yang dapat dilihat sebagai upaya memberi kontribusi yang semakin besar dan luas terhadap pembangunan ekonomi daerah hingga menjadi penyebab laku di pasaran lokal maupun Nasional.

Desa Kampung Baru Padusunan juga memiliki komuditas unggulan, yang hasilnya juga didistribusikan ke daerah lainnya. Komuditas unggulan desa Kampung Baru Padusunan diantaranya sebagai berikut:

1. Kelapa

Kelapa (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Arti kata kelapa (atau coconut, dalam bahasa Inggris) dapat merujuk pada keseluruhan pohon kelapa, biji, atau buah, yang secara botani adalah pohon berbuah, bukan pohon kacang-kacangan. Di desa Kampung Baru Padusunan acap kali kita melihat pohon kelapa, hal ini disebabkan karena kelapa termasuk salah satu komoditi unggulan. Hasil dari kelapa ini biasanya di ekspor keluar daerah bahkan sampae ke daerah Riau. Di desan ini juga bisa kita temui Tukang Panjek (orang yang mengambil kelapa dengan cara memanjat langsung).

2. Pisang

Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae.Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Pisang adalah alternatif terbaik untuk menyediakan energi di saat-saat istirahat atau jeda, pada waktu otak sangat membutuhkan energi yang cepat tersedia untuk aktivitas biologis. Namun, kandungan protein dan lemak pisang ternyata kurang bagus dan sangat rendah, yaitu hanya 2,3 persen dan 0,13 persen. Sering kali kita temui pohon pisang di rumah-rumah warga, pisang ini juga merupakan komoditi unggulan di desa Kampung Baru Padusunan. Pendistribusiannya bisa sampai daerah Bukittinggi.

3. Padi

Padi (bahasa latin: Oryza sativa L.) merupakan salah satu tanaman budidaya terpenting dalam peradaban.Meskipun terutama mengacu pada jenis tanaman budidaya, padi juga digunakan untuk mengacu pada beberapa jenis dari marga (genus) yang sama, yang biasa disebut sebagai padi liar. biasanya di desa Kampung Baru Padusunan untuk menanamnya dilakukan dengan cara Minapadi, dan jenis padi di desa ini bukan padi rawa, sehingga bisa dijamin padi ini enak dikonsumsi. Beras yang dihasilkan dari Padi ini setelah dimasak tidak pulen.