Waspada COVID-19

  • Mar 30, 2020
  • abc13xyz

Kampung Baru Padusunan, 30/03. Seperti yang sudah dilansir sebelumnya bahwa di negara kita sedang dilanda wabah Covid-19. Covid-19 adalah virus baru penyebab penyakit saluran pernafasan. Virus ini berasal dari Cina. Covid-19 meerupakan satu keluarga dengan virus penyebab SARS dan MERS. Severe Acute Respiratory Syndrome atau yang biasa dikenal dengan singkatan SARS adalah salah satu jenis penyakit pneumonia. SARS pertama kali ditemukan menyebar di Cina pada November 2002. Penyakit tersebut kemudian menyebar dengan cepat ke seluruh dunia dan mewabah di 29 negara dalam beberapa bulan saja, sama halnya dengan Covid-19 penyebarannya melalui mobilitas penduduk. Dikutip dari laman www.alodokter.com, MERS CoV diduga awalnya berasal dari unta yang hidup di negara-negara Timur Tengah, seperti Arab Saudi, Yordania, dan Yaman. Meski MERS CoV juga terjadi di beberapa negara di Eropa dan Amerika, namun penderitanya diketahui terserang penyakit ini setelah bepergian ke negara Timur Tengah, diketahui juga penyakit ini juga menyebar melalui mobilitas penduduk. Hari ini tertanggal, 30 Maret 2020 Kepala Desa beserta aparat desa melakukan rapat tentang kesiagaan bencana wabah di desa ini. Rapat ini juga dihadiri oleh Ketua BPD Kampung Baru Padusunan Bapak Drs. Afnil. Kesimpulan dari rapat tersebut adalah:

  1. Pengutamaan penanganan tentang wabah Covid-19, seperti penambahan penyemprotan Disinfektan ke rumah-rumah warga, sebagaimana yang kita ketahui, bahwa penyemprotan disinfektan sudah dilakukan di tempat fasilitas umum seperti, jalan-jalan, masjid/ mushola, warung pada Jumat 27 maret lalu.
  2. Membuka atau menggelar pasar murah (hal ini masih ditinjau kembali)
  3. Menambah keamanan di desa dengan melaksanakan ronda
  4. Melaksanakan Pengerasan jalan usaha tani di Dusun Bulaan
Dalam rapat tersebut, Ketua BPD Kampung Baru Padusunan mempertegas kembali bahwa Keamanan atas wabah Covid-19 ini harus diutamakan, dan melaksanakan himbauan dari pemerintah. Untuk itu Masyarakat Desa Kampung Baru Padusunan hendaklah bersama kita memutuskan mata rantai mobilitas Covid-19 dengan cara melakukan sebagai berikut:
  • Tetap berada dirumah sampai masa waktu yang ditentukan
  • Sering mencuci tangan, jika setelah bepergian jangan langsung menyentuh wajah
  • Mengerjakan PR/ Tugas (bagi Pelajar) dan atau bekerja dari rumah
  • Jika sedang Flu/ Batuk sebaiknya memakai masker, ataupun ketika hendak keluar rumah
  • Menghindari tempat keramaian, seperti Pasar, Hajatan, Pengajian dll.
  • Jika anda baru datang dari kota lain hendaklah segera melaporkan diri ke puskesmas

Penulis: abc13xyz

  Sumber:
  1. hellosehat.com
  2. www.alodokter.com